Resiko Bahaya Duduk Terlalu Lama

Bahaya Duduk Terlalu Lama

Duduk merupakan kegiatan yang paling banyak dilakukan yang memakan waktu lama setiap harinya. Tetapi awas resiko berbahaya terlalu lama duduk! Dimulai dari penyakit tertentu hingga mempercepat kematian dini. Bagaimana sebenarnya bahaya dari duduk terlalu lama ini? Lalu, berapa lama idealnya duduk dilakukan setiap hari sehingga tidak mengganggu kesehatan? Simak paparan yang terangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Gangguan kesehatan terlalu lama duduk

Tidak dapat dipungkiri duduk merupakan bagian aktifitas yang paling sering dilakukan saat bekerja, makan, bepergian dan istirahat santai. Bisa dipastikan kita melakukan duduk totalnya selama puluhan jam setiap harinya. Duduk yang tanpa jeda selama lebih dari 4 jam ternyata berpengaruh pada fungsi otot. Dimana enzim otot akan bekerja lebih lambat sehingga pembakaran kalori yang seharusnya terjadi ikut menurun atau bahkan sama sekali tidak membakar kalori.

Bila sudah dalam kondisi demikian maka beberapa gangguan kesehatan yang muncul adalah:

1. Sakit puggung

Punggung terasa sakit biasanya terjadi pada pekerja yang duduk di belakang meja. Tuntutan pekerjaan seringkali menghabiskan waktu duduk selama 4 jam lebih tanpa jeda berdiri atau berganti posisi. Disinilah otot tulang belakang menjadi kaku karena tidak berfungsi.

2. Nyeri leher

Nyeri leher juga dialami pada mereka yang menghabiskan waktu bersantai menonton tv. Nyeri terjadi karena tulang belakang mengalami peradangan.

3. Kolesterol tinggi

Duduk terlalu lama juga mengakibatkan sistem metabolisme terganggu karena tidak adanya pembakaran kalori sebagaimana mestinya. Akibatnya lemak tubuh menumpuk sehingga mengakibatkan kolesterol tinggi. Dampak nyata terlihat dari ini adalah obesitas.

4. Diabetes

Kolesterol tinggi dan mengalami obesitas juga berpengaruh pada gula darah yang ikut meninggi. Sudah dipastikan bila gula darah tinggi maka seseorang yang sering duduk berlama-lama tanpa jeda berdiri atau gerak maka dia juga mengalami obesitas.

5. Serangan jantung

Kolesterol tinggi dan gula darah menaik (diabetes) maka penderita bisa secara tiba-tiba mengalami serangan jantung.

6. Kanker

Salah satu jurnal kesehatan juga menyebutkan bahwa duduk yang terlalu lama tanpa jeda berdiri atau melakukan kegiatan lain dapat menurunkan kualitas hidup seseorang. Nah, kualitas hidup yang menurun selama 10 tahun lebih akan beresiko kanker payudara dan kanker prostat sebesar 30%.

Solusi Jika Duduk Terlalu Lama

Lalu, bagaimana melawan penyakit akibat terlalu lama duduk? Solusi adalah jangan malas bergerak merupakan kunci utama agar metabolisme tubuh tetap bekerja walaupun kondisi mengharuskan kita tetap duduk. Selain itu tips sederhana lainnya dapat dilakukan dan harus dibiasakan seperti:

  1. Memperbanyak minum air putih untuk memperlancar metabolisme tubuh.
  2. Berdiri atau berjalan-jalan di ruangan untuk merilekskan punggung. Lakukan hal ini setiap 30 menit atau satu jam sekali.
  3. Bila Anda pekerja kantoran biasakanlah olahraga kecil seperti menggunakan tangga dibandingkan lift dan usahakan tidak bergantung pada jasa office boy untuk melakukan hal-hal kecil seperti foto copy file dan membuatkan kopi.

Awas Resiko berbahaya terlalu lama duduk! Duduk yang terlalu lama merupakan duduk selama berjam-jam tanpa jeda berdiri atau berganti posisi sehingga mengakibatkan gangguan metabolisme tubuh. Hindari penyakit akibat terlalu lama duduk dengan rajin bergerak dan memperbanyak minum air putih.

 

Resiko Bahaya Duduk Terlalu Lama

You May Also Like

About the Author: Kanalinformasi

Cuma berbagi informasi dan pengetahuan dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.