Cara Hemat Pengeluaran ketika Berbelanja Online

Hemat Berbelanja Online

Aktivitas berbelanja di internet merupakan suatu hal yang tidak asing lagi di telinga kita. Belanja online sudah dilengkapi dengan metode pembayaran yang mudah, sehingga membuat banyak orang lebih suka cara yang satu ini, cukup dengan ujung jari saja, kita sudah bisa membeli sebuah barang. Namun, bila terlalu sering belanja online, ternyata dapat memberikan pengaruh yang tidak baik untuk keuangan Anda.

Hemat Berbelanja Online

Nah, supaya belanja online Anda tidak terlalu boros, maka harus memikirkan bagaimana cara menghemat pengeluaran tersebut agar uang Anda bisa tetap terjaga. Lalu, langkah apa saja yang bisa dicoba dalam menghemat pengeluaran belanja. Dibawah ini sudah saya ulas beberapa poin yang bisa Anda coba.

1. Cek Kebutuhan Kemudian Tuliskan

Cara pertama yang harus Anda lakukan ialah mencatat barang apa saja yang dibutuhkan, lakukan pendataan benda ataupun produk yang ingin dibeli. Lihat barang Anda dirumah, apa saja yang kurang dan harus dimiliki. Bila ada yang kurang, silakan ditulis.

Setelah itu, Anda harus memikirkan kembali, apakah barang yang kurang tersebut harus digantikan dengan barang yang baru. Apabila masih bisa, Anda tidak perlu menggantikanna dengan produk yang baru.

Begitu juga sebaliknya, jika barang tersebut memang harus diganti, maka alangkah baiknya, cukup membeli barang itu saja, jangan melirik barang yang lain.

2. Bedakan Rekening Belanja

Nah, untuk cara kedua ini yakni Anda harus bisa membedakan antara rekening belanja dengan rekening tabungan. Sebelum itu, Anda harus mengalokasikan gaji/pendapatan ke rekening belanja. Jangan disamakan.

Bedakan antara rekening belanja dengan rekening tabungan. Cukup hitung semua kebutuhan bulanan Anda, kemudian alokasikan sedikit untuk tabungan.

Jadi, cara seperti ini cukup efektif dalam menghemat pengeluaran anda. Usahakan jangan sampai menggunakan anggaran yang sudah dialokasikan tersebut.

3. Survei Harga

Ketika Anda mau berbelanja online, alangkah baiknya sebelum membeli, lakukan survey harga terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mendapatkan tawaran barang yang lebih murah.

Bandingkan harga dari toko A hingga toko B, cari barang yang menawarkan harga termurah disertai cashback menarik. Bila Anda beruntung, bisa saja mendapatkan promo di toko tertentu, tentu saja ini dapat menghemat kebutuhan belanja online Anda.

Harga murah bukan berarti kualitasnya buruk, carilah barang yang memberikan garansi dan kualitas yang terjamin.

4. Langganan Newsletter

Kebanyakan saat ini beberapa website sering memberikan potongan harga kepada pembeli jika mereka mengisi form langgan newsletter, berarti disini Anda bisa mendapatkan keuntungan yakni harga lebih terjangkau.

Kamu bisa memanfaatkan promo ini untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Anda dapat memanfaatkan cara ini agar bisa mendapatkan potongan harga yang lebih murah. Selain itu juga, dengan berlanggan newsletter ternyata Anda bisa lebih mudah mengetahui produk apa saja yang dijual dengan harga khusus, bahkan ada promo menarik lainnya jika Anda beruntung.

Walaupun begitu, bukan berarti Anda harus membeli suatu produk jika ada promo harga, namun alangkah baiknya sesuaikan dengan dana keuangan dengan kebutuhan khusus.

5. Ikuti Promo

Sama seperti cara diatas, namun dengan mengiktui promo akan ada potongan harga besar-besaran. Promo biasanya tiba ketika menjelang hari-hari besar, diskon menarik tentu saja akan ditawarkan kepada konsumen.

Bila ingin menghemat pengeluaran, Anda bisa menahan diri dulu sementara, tunggu hari besar tiba, biasanya beberapa toko online memberikan tawaran harga murah jika sedang ada promo besar-besaran.

Itulah artikel yang sudah kami bagikan kepada pembaca mengenai cara hemat pengeluaran ketika belanja online. Pastinya cara diatas bisa Anda coba agar kebutuhan belanja tidak boros, usahakan seminimal mungkin kurangi keinginan untuk berbelanja.

 

Hemat Pengeluaran ketika Berbelanja Online

You May Also Like

About the Author: Kanalinformasi

Cuma berbagi informasi dan pengetahuan dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *