10 Hal yang Perlu Dipelajari Sebelum Membeli Asuransi Rumah

Membeli Asuransi Rumah

Asuransi rumah sangat dibutuhkan untuk memberikan perlindungan finansial atas risiko kerugian yang mungkin terjadi. Namun, sebelum menentukan membeli asuransi untuk rumah, kamu perlu mempertimbangkan banyak hal.

Pilihlah asuransi rumah yang sesuai dengan kebutuhan keluarga serta memberi banyak manfaat, sehingga kamu merasa lebih tenang tanpa khawatir memikirkan biaya apabila rumah mengalami kerusakan karena bencana atau huru-hara.

Nah, sebelum membeli asuransi rumah, kamu butuh mengetahui seberapa penting jaminan keamanan dan kenyamanan untuk tempat tinggal dan apa saja yang mesti dilakukan sebelum memilih asuransi yang tepat untuk rumahmu dan keluarga.

Seberapa Penting Melindungi Rumah dengan Asuransi?

Rumah adalah tempat tinggal paling aman untuk keluarga, tidak heran jika sebagian besar orang ingin menjadikan rumah sebagai hunian yang nyaman dan tenang saat ditempati. Atas dasar itu, keberadaan asuransi rumah menjadi salah satu hal penting yang harus kamu miliki.

Asuransi rumah akan memberikan jaminan ganti rugi atas risiko-risiko yang mungkin terjadi, seperti jaminan perlindungan atas risiko terkena banjir dan gempa bumi, sampai perlindungan dari resiko kebakaran dan pencurian.

Dengan memiliki asuransi rumah, kamu akan merasa lebih tenang karena tidak perlu memikirkan biaya-biaya perbaikan rumah jika rumah mengalami bencana seperti banjir, gempa bumi, atau tersambar petir. Finansial kamu pun akan tetap aman.

10 Hal yang Perlu Kamu Pelajari Sebelum Membeli Asuransi Rumah

Setelah mengetahui seberapa penting melindungi rumah dengan asuransi, kamu perlu mempelajari 10 hal berikut ini agar tidak salah memilih asuransi rumah yang terbaik untuk rumahmu!

1. Cek kondisi rumah secara menyeluruh

Saat ingin membeli asuransi rumah, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memastikan kondisi rumah secara keseluruhan. Dengan cara ini kamu bisa menentukan jenis asuransi rumah yang tepat untuk dipilih.

Misalnya, kamu bisa melakukan pengecekan pada material-material yang digunakan pada rumah yang kamu tempati, cek juga probabilitas ketahanan konstruksi terhadap gempuran air banjir, apakah ada kemungkinan cepat rapuh.

Dengan pengecekan yang menyeluruh, kamu bisa menentukan produk asuransi rumah mana yang tepat dengan kondisi bangunan yang kamu miliki.

2. Sesuaikan jenis asuransi rumah dengan kondisi keuangan

Segala sesuatu memang butuh persiapan anggaran, begitu pula saat kamu memutuskan ingin membeli asuransi rumah. Maka, perencanaan yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyesuaikan produk asuransi rumah yang kamu pilih sesuai dengan anggaran yang kamu miliki.

Karena seperti yang sudah banyak orang ketahui, bahwa untuk membeli asuransi tidak cukup dengan membayarnya dalam jangka pendek.

Kamu perlu membayar asuransi dalam jangka waktu yang cukup lama, maka tidak ada salahnya untuk mengukur kesiapan finansial dan apakah ada kemungkinan kenaikan premi tahunan agar bisa kamu persiapkan dari jauh hari.

3. Kenali kredibilitas perusahaan asuransi

Banyak sekali produk asuransi rumah yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan asuransi dengan berbagai macam manfaat dan keunggulannya masing-masing.

Yang perlu kamu lakukan adalah mengecek latar belakang perusahaan asuransi rumah yang akan kamu pilih sebagai perlindungan rumah yang kamu tinggali.

Kenali kredibilitas perusahaan asuransi dengan mencari sumber informasi dari teman, kolega, website, media sosial, dan sebagainya untuk mengenal lebih dekat perusahaan asuransi yang akan kamu pilih.

Pastikan bahwa perusahaan asuransi yang kamu pilih sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) seperti asuransi rumah Simas Insurtech yang sudah terjamin legalitas hukumnya.

4. Pahami benefit yang bisa didapatkan dari penyedia asuransi

Salah satu hal penting yang mesti kamu pahami saat memilih produk asuransi rumah adalah keuntungan apa saja yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi.

Misalnya, kamu bisa mencari tahu benefit apa saja yang bisa didapatkan dan masuk dalam jaminan perlindungan asuransi, seperti kerugian yang disebabkan oleh kecelakaan kendaraan yang tidak sengaja merusak rumah dan sebagainya.

5. Cari tahu perlindungan yang bisa didapatkan

Setiap produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan memiliki jenis yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan tiap orang. Kamu bisa menentukan jaminan perlindungan yang cocok digunakan untuk kebutuhan rumah tempat tinggalmu.

Cari tahu juga apa saja bentuk perlindungan tambahan yang bisa ditawarkan dari jasa penyedia asuransi rumah, misalnya apakah ada cakupan perlindungan untuk binatang peliharaan kesayangan milik kamu ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

6. Cermati proteksi perluasan

Ada  banyak hal yang mungkin terjadi di luar kendali manusia, risiko keamanan pihak lain yang diakibatkan oleh kerusakan properti yang kamu miliki juga bisa saja terjadi. Kamu bisa saja mendapatkan tuntutan hukum atas kejadian yang diakibatkan oleh kerusakan rumah.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu perlu mencermati proteksi perluasan dari asuransi rumah yang akan kamu pilih.

Apakah perusahaan asuransi akan memberikan perlindungan hukum atas kerusakan properti yang merugikan pihak lain. Pahami sejauh mana perusahaan asuransi bisa memberikan pelayanan terbaiknya, karena setiap penyedia asuransi memiliki keunggulannya masing-masing.

7. Lakukan perbandingan

Setelah mencari tahu banyak informasi tentang asuransi rumah, kamu bisa mulai membuat list daftar penyedia layanan asuransi rumah yang memenuhi kriteria yang kamu butuhkan.

Kemudian kamu bisa melakukan perbandingan dari daftar yang sudah dibuat, pilihlah produk asuransi yang paling sesuai dengan kondisi rumah yang kamu miliki, dan jangan lupa untuk mempertimbangkan keamanan investasi jangka panjang dengan memilih perusahaan yang sudah dipercaya banyak kalangan.

8. Pelajari isi kontrak perjanjian

Tahap selanjutnya untuk mendapatkan asuransi rumah yang tepat adalah dengan meneliti isi perjanjian yang dibuat oleh pihak penyedia asuransi. Pelajari apa saja hal-hal yang bisa menguntungkan dan merugikan kamu sebagai pemakai produk asuransi.

Jangan sungkan untuk menanyakan hal-hal yang sekiranya tidak kamu mengerti. Baca detail isi kontrak perjanjian secara berulang sampai kamu benar-benar memahami isi perjanjian yang dibuat kedua belah pihak.

9. Pahami proses klaim asuransi

Saat sudah menentukan produk asuransi yang dipilih, kamu perlu mencermati proses pengajuan klaim asuransi dengan mempelajari poin-poin penting dalam sistem kerja perusahaan asuransi yang dipilih.

Ketika terjadi kondisi buruk pada rumah yang kamu tempati, persiapkan apa saja dokumen-dokumen penting yang dibutuhkan untuk mengajukan klaim asuransi.

Pastikan juga untuk mengetahui berapa lama dana pertanggungjawaban dari pihak asuransi bisa cair setelah melakukan klaim.

10. Menyesuaikan asuransi rumah dengan kebutuhan

Hal terakhir yang harus kamu perhatikan saat ingin membeli asuransi rumah adalah menyesuaikan jenis asuransi rumah dengan kebutuhan yang kamu miliki.

Misalnya, saat kamu tinggal di rumah yang rawan banjir, maka kamu perlu memilih jenis asuransi yang bisa menjamin perlindungan terhadap bencana alam.

Begitu pula saat kamu tinggal di daerah yang berhubungan langsung dengan kendaraan-kendaraan yang rawan kecelakaan dan bisa menyebabkan kondisi rumah terkena imbasnya, kamu butuh produk asuransi yang bisa menjamin rumahmu dari kecelakaan.

Nah, itu dia beberapa poin penting yang harus kamu perhatikan ketika membeli asuransi rumah. Pastikan untuk memilih produk asuransi rumah dengan cermat, ya.

 

Hal yang Perlu Dipelajari Sebelum Membeli Asuransi Rumah

You May Also Like

About the Author: Kanalinformasi

Cuma berbagi informasi dan pengetahuan dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.