Bagaimana Cara Kita Memelihara Hewan Agar Sehat? Catat Tipsnya

Memelihara Hewan Agar Sehat

Bagaimana cara kita memelihara hewan agar sehat? Tentunya kamu ingin agar hewan kesayanganmu selalu sehat dan tidak sakit, kan? Cara ini haruslah diketahui oleh kamu yang saat ini sedang memiliki hewan peliharaan maupun sedang berniat untuk mengadopsi mereka.

Salah satu caranya dengan membeli asuransi hewan di PT Asuransi Simas Insurtech. Dengan membeli asuransi hewan, hewan kesayangan kamu jadi bisa mendapatkan akses kesehatan yang layak dan tentunya tidak akan menguras tabunganmu.

Bagaimana Cara Memelihara Hewan Agar Sehat?

Memiliki hewan peliharaan merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi sebagian orang.

Hal ini dikarenakan banyak manfaat yang bisa didapat oleh mereka dengan memelihara hewan tersebut. Salah satu manfaat memelihara hewan bagi manusia adalah bisa mengurangi stress.

Nah, karena memiliki hewan peliharaan akan memberi manfaat bagi kita, maka kita juga harus merawat dan memelihara mereka agar tumbuh sehat.

Namun, memelihara hewan agar tumbuh sehat tidak bisa sembarangan. Ada beberapa cara yang harus kita lakukan dalam memelihara mereka agar selalu sehat.

1. Menyediakan tempat tinggal yang nyaman

Cara pertama bagaimana memelihara hewan agar sehat adalah dengan menyediakan tempat tinggal yang nyaman untuk mereka.

Hewan peliharaan biasanya dipelihara dalam sebuah kandang. Nah, kamu harus menyediakan kandang yang pas dengan hewan peliharaan yang kamu miliki.

Misalnya, kamu memiliki hewan peliharaan kucing, kamu harus tahu bahwa kucing sangat nyaman tidur di tempat yang hangat.

Bagaimana cara memberikan kehangatan pada mereka? Kamu bisa menempatkan bantal kucing maupun selimut di dalam kandang untuk ditempati saat tidur.

2. Memberi makanan yang sehat

Sama halnya dengan manusia, asupan makanan yang sehat sangat dibutuhkan oleh hewan peliharaan untuk menjaga stamina mereka.

Kita sebagai pemilik hewan peliharaan harus peka dengan kebutuhan mereka ini. Kita harus menyadari jenis makanan apa yang cocok dengan peliharaan kita.

Bagaimana cara mendapatkan makanan yang cocok untuk hewan? Kamu bisa melihat jenis dan umur hewan peliharaan kamu.

Sebagai contohnya, jika kamu memelihara kucing atau anjing dengan rentang usia masih bulanan, jangan memberikan makanan keras, berilah makanan yang cukup lunak.

Makanan yang tidak sesuai dengan hewan akan merusak sistem pencernaan mereka.

Pilihlah makanan yang dibutuhkan oleh tubuh mereka sehingga mereka bisa berkembang dengan sehat.

Berilah mereka makan secara teratur setiap hari. Untuk intensitasnya, kamu bisa memberi mereka makan 3-4 kali sehari.

Selain memberikan makanan, untuk memelihara hewan agar tumbuh sehat adalah dengan memberikan vitamin dan suplemen.

Ini akan meningkatkan imun tubuh mereka dan menjauhkan hewan kesayangan dari penyakit.

3. Mengunjungi dokter hewan

Ketika kita memutuskan untuk mengadopsi dan memelihara hewan peliharaan, kita juga harus bertanggung jawab secara penuh agar kesehatan mereka terjaga.

Salah satu cara lainnya bagaimana menjaga mereka tetap sehat adalah dengan mengunjungi dokter hewan secara berkala.

Tentu saja tidak ada dari kita yang menginginkan hewan peliharaan mengalami sakit. Untuk mencegahnya, kamu bisa melakukan kunjungan ke dokter hewan sekitar enam bulan sekali.

Kunjungan tersebut bisa berupa pemberian vaksinasi atau check up kesehatan secara berkala.

Memberi vaksinasi kepada hewan peliharaan merupakan hal yang penting. Dilansir dari website dinas peternakan dan kesehatan hewan, vaksinasi bertujuan untuk memberikan antibodi pada hewan sehingga dapat melawan mikroorganisme penyebab penyakit. Untuk pemberian vaksinasi ini, haruslah melalui dokter hewan.

4. Jagalah kebersihan hewan peliharaan

Salah satu cara sederhana yang bisa kita lakukan agar hewan peliharaan menjadi sehat adalah dengan menjaga kebersihan mereka. Hal ini terdengar sederhana, namun butuh ketelatenan dan konsistensi untuk melakukannya.

Bagaimana cara menjaga agar hewan kamu tetap bersih? Nah, bagi yang bertanya-tanya, jawabannya adalah kamu harus memandikan hewan peliharaan dan membersihkan kandangnya secara berkala dan rutin.

Perlakuan ini diharapkan agar mereka bisa terbebas dari kotoran dan parasit yang menempel di badan mereka.

5. Biarkan hewan peliharaan beraktivitas di luar rumah

Banyak dari kita yang memelihara hewan di dalam rumah dan tidak mengizinkan mereka bermain di luar rumah. Hal ini akan sangat berdampak pada kesehatan mental dan fisik hewan tersebut.

Hewan yang selalu dikurung di dalam sebuah ruangan akan rentan mengalami stress hingga depresi. Ini akan menyebabkan mereka mudah diserang penyakit

Selain itu, membiarkan hewan peliharaan beraktivitas di luar rumah akan meningkatkan kemampuan fisik mereka.

Sama seperti manusia, hewan juga membutuhkan kegiatan fisik agar tubuh mereka lebih sehat.

Bagaimana caranya memberikan kegiatan fisik? Tentu saja dengan membiarkan mereka melakukan kegiatan di luar rumah. Kamu bisa mengajak mereka berjalan-jalan di pagi atau sore hari.

Kegiatan fisik untuk hewan ini juga bisa dilakukan dengan cara membiarkan mereka bersosialisasi dengan sesama mereka.

Jika hewan peliharaan kamu adalah kucing, maka kamu bisa membiarkan mereka bermain di luar rumah dengan kucing lainnya.

6. Ajak mereka berkomunikasi secara intensif

Cara berikutnya bagaimana memelihara hewan agar sehat adalah dengan mengajak mereka berkomunikasi.

Sebagian dari kita akan berpikir ini aneh, bagaimana mungkin kita bisa berkomunikasi dengan hewan.

Kamu bisa melakukan komunikasi sederhana dengan hewan seperti memanggil namanya dan bermain dengan mereka.

Komunikasi seperti ini jika kita lakukan secara intensif maka akan membangun ikatan batin antara kita dan hewan peliharaan.

Komunikasi yang intens antara pemilik dan hewan peliharaan dianggap bisa membuat hewan peliharaan merasa nyaman sehingga bisa lebih sehat dan bahagia.

7. Lindungi dengan asuransi

Setelah melakukan berbagai cara bagaimana memelihara hewan kesayangan agar sehat, kamu juga harus memberikan perlindungan khusus kepada mereka.

Kamu yang bingung bagaimana cara memberikan perlindungan kepada hewan kesayangan, bisa langsung membeli asuransi Pet Simas Insurtech.

Hal ini dilakukan dengan tujuan memberikan perlindungan terbaik bagi hewan kesayangan, sehingga terhindar dari risiko kehilangan dan kecelakaan.

Dengan memberi perlindungan asuransi, kamu tidak perlu khawatir lagi akan berbagai risiko kemalangan yang mungkin terjadi pada mereka.

Demikian pembahasan mengenai bagaimana cara kita memelihara hewan agar sehat.

Memelihara hewan berarti bertanggung jawab atas mereka. Terapkanlah cara-cara di atas agar hewan kesayangan bisa tumbuh sehat, sehingga kamu bisa terus berbagi kebahagian dengan mereka.

 

Cara Memelihara Hewan Agar Sehat

You May Also Like

About the Author: Kanalinformasi

Cuma berbagi informasi dan pengetahuan dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.