Rumah Sejuk Tanpa Ac

5 Cara Efektif Membuat Rumah Sejuk Tanpa Ac

Tahukah Anda bahwa menyalakan AC ketika musim panas ternyata dapat membuat rumah terasa sangat sejuk, hal ini tidak dapat dipungkiri lagi, sebab penyejuk ruangan dapat membuat suasana rumah Anda lebih nyaman

Akan tetapi, dengan menyalakan AC ternyata dapat membuat tagihan listrik Anda meningkat, apalagi penggunaannya yang tidak terkendali. Nah, untuk menyiasati hal ini, ada metode lain yang lebih efektif tanpa menguras banyak biaya.

Membuat Rumah Sejuk Tanpa Ac

Dibawah ini adalah beberapa cara membuat rumah sejuk tanpa AC yang bisa Anda coba sekarang, silakan simak baik-baik.

1. Pasang tirai

Sebenarnya sinar matahari yang masuk ke dalam rumah Anda, ternyata ada manfaat lain untuk kesehatan fisik dan juga emosional, namun terkadang sinar matahari dapat membuat suasana rumah terasa tidak sejuk.

Sebagai cara pertama yang bisa Anda coba yakni dengan memasang tirai anti tembus pandang. Hal ini dapat membantu menahan sinar matahari yang sepenuhnya masuk ke rumah Anda. Tutup beberapa area yang sering terpapar sinar matahari dengan tirai, biasanya antara pagi dan juga sore.

Alangkah baiknya pilih yang bewarna terang, sebab warna terang sifatnya dapat memantulkan cahaya, sedangkan warna gelap untuk menyerap cahaya.

Apabila disini Anda memang membutuhkan sinar matahari untuk menyinari beberapa tempat, silakan saja buka jendela.

2. Tempelkan kaca film surya

Memang tirai memang dapat memantulkan cahaya, namun hal tersebut dapat menganggu pemandangan Anda. Untuk opsi lain supaya tidak menganganggu pemandangan, Anda bisa mencoba dengan menempelkan kaca film surya pada jendela rumah.

Pada dasarnya kaca film surya dirancang untuk menyerap dan juga memantulkan cahaya matahari tanpa mengganggu pemandangan.

3. Pasang kipas angin kamar mandi

Area rumah yang paling lembab adalah kamar mandi, sebab sering kali basah dan jarang terkena paparan sinar matahari. Dari udara lembab tersebut akan masuk ke rumah Anda, ini tentu saja dapat membuat aroma ruangan rumah terasa tidak sedap.

Nah, sebagai upaya mengatasi hal tersebut, Anda bisa memanfaatkan kipas angin di rumah agar udara lembab di kamar mandi bisa cepat kering, sehingga udara di rumah juga terasa sejuk dan tidak adanya aroma bau.

4. Hiasi dengan tanaman

Tahukah Anda bahwa tanaman ternyata dapat menyerap udara panas, hal ini dikarenakan adanya proses fotosintesis secara alami. Jadi, tidak heran lagi bila ruangan yang hijau terasa lebih sejuk karena adanya tanaman hijau. Cara ini bisa Anda coba untuk menghiasi ruangan rumah dengan beberapa pilihan tanaman hias yang menarik.

Alangkah lebih baiknya pilih jenis tanaman dengan daun lebar dan menjulang cukup tinggi, jenis tanaman hias seperti ini menyukai banyak sinar matahari, jadi, tidak hanya menyerap udara panas saja, namun dapat memberikan keteduhan ekstra di lingkungan rumah Anda.

5. Gunakan seprai katun atau linen

Sesuatu yang terbuat dari katun memang dapat memberikan rasa sejuk ketika dipakai, sebab katut memiliki sifat yang dapat menyerap keringat. Gunakan seprei atau linen yang berbahan utama dari kain katun, memang tergolong cukup mahal, namun ini sangat efektif untuk digunakan.

Hindari penggunaan seprai dari bahan sutra, sebab dapat memerangkap panas dan sulit menyerap panas.

Itulah artikel yang sudah kami bagikan kepada Anda mengenai cara membuat rumah sejuk tanpa AC, semoga artikel diatas dapat memberikan manfaat kepada pembaca, jika dirasa bermanfaat, silakan bagikan ke media sosial.

 

Membuat Rumah Sejuk Tanpa Ac

Kanal Informasi Indonesia

About the Author: KanalInfo

turut berbagi informasi menarik kepada masyarakat online dari sumber terpercaya

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *