Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Memilih Asuransi Kesehatan

Pemerintah Indonesia berencana untuk membuat dana asuransi yang bisa mencakup semua penduduk Indonesia  dan menyediakan layanan kesehatan gratis. Berdasarkan inspeksi sistem kesehatan di Indonesia, bagaimanapun juga, telah diberitakan bahwa proses tersebut sedang dipertimbangkan lagi, dikarenakan oleh dana yang tidak mencukupi, dan juga para staf kesehatan yang masih dibutuhkan untuk memenuhi rencana ini.

Tentang Asuransi Kesehatan di Indonesia

Asuransi kesehatan melindungi hasil kerja keras Anda dengan mengurangi biaya tagihan rumah sakit dan konsultasi dokter. Asuransi kesehatan bisa menolong Anda dalam persiapan menghadapi wabah penyakit yang tidak bisa dihindari atau tidak bisa dideteksi secara dini seperti kanker atau serangan jantung. Dengan asuransi kesehatan yang sesuai, Anda bisa membiayai semua tagihan yang termasih dalam perawatan, pengobatan, dan pemulihan untuk cedera dadakan atau penyakit yang mungkin dapat Anda derita.

Bagaimana Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

Izinkan Kanal Informasi memberikan Anda beberapa saran dalam memilih plan asuransi kesehatan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga Anda.

Sekarang kita telah membicarakan betapa pentingnya memiliki asuransi kesehatan terbaik, mari kita juga menelaah beberapa faktor penting yang bisa membantu Anda memutuskan asuransi kesehatan terbaik di Indonesia. Dibawah ini kami sediakan beberapa hal penting yang Anda bisa pertimbangkan saat Anda memilih asuransi kesehatan terbaik untuk Anda:

Telaah dan Pelajari

Terdapat banyak jenis asuransi kesehatan yang tersedia. Mereka termasuk plan pendapatan kecacatan (disability income plan), plan penyakit kritis (critical illness plan), plan rawat inap dan operasi (hospitalization and surgical plan). Plan pendapatan kecacatan akan memberikan Anda bantuan finansial di saat Anda cedera atau menderita kecacatan karena kejadian luar tak terduga (unexpected external event).

Rencanakan anggaran

Memilih asuransi kesehatan tidak hanya memilih fitur dan cakupan terbaik, tetapi juga merencanakan finansial anggaran (budget) Anda dan berapa banyak Anda ingin membayar tagihan bulanan dan tahunan untuk asuransi kesehatan terbaik.

Ingatlah beberapa faktor tertentu seperti rekor kesehatan, jenis kelamin, perokok atau bukan, berat badan dan berapa banyak cakupan yang Anda mau karena semua faktor itu akan mempengaruhi biaya premi asuransi. Semakin baik cakupan asuransi, semakin tinggi juga biaya premi untuk Anda.

Pilih batas usia lebih tinggi

Sangat dianjurkan juga untuk memilih batas usia yang lebih tinggi waktu mendaftar asuransi kesehatan. Saat Anda harus memilih 2 asuransi kesehatan — yang pertama menawarkan cakupan hingga 80 tahun, yang kedua hingga 85 tahun —- pilihlah yang menawarkan hingga 85 tahun.

Pertimbangkan juga anggaran Anda saat memutuskan batas usia tersebut, dan telaah sejarah usia keluarga Anda. Pastikan bila Anda telah memilih batas usia terbaik berdasarkan rekor tersebut.

Pilih batas usia pakai tinggi

Pertimbangkan semua tagihan rumah sakit dan kesehatan yang Anda perlu bayar di waktu darurat dan kecelakaan saat memilih batas usia pakai. Pikirkan juga biaya pemulihan dari penyakit atau cedera. Sebuah asuransi kesehatan yang baik seharusnya memiliki polis asuransi setidaknya bernilai 1 Miliar Rupiah.

Hindari Co-Payment (Copay)

Beberapa perusahaan asuransi menerapkan Co-Payment, atau biaya yang harus Anda bayar pada asuransi kesehatan Anda untuk penjamin asuransi Anda karena mereka telah melunasi biaya-biaya yang tidak termasuk didalam plan asuransi kesehatan Anda. Oleh karena itu, lebih baik Anda menghindari asuransi kesehatan yang membebani Anda dengan biaya Co-Payment (Copay) seperti ini.

Bacalah dahulu kondisi dan persyaratan (term and condition) premi yang ditawarkan pada Anda sebelum Anda bergabung di salah satu asuransi kesehatan, pastikan untuk memilih plan yang tidak punya co-payment atau pilihlah plan yang dengan biaya co-payment yang lebih rendah.

Dengan demikian, ada beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih asuransi kesehatan terbaik di Indonesia, seperti beberapa yang telah dijelaskan sebelumnya. Anda bisa melihat daftar keunggulan dan biaya dari berbagai jenis asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh banyak perusahaan asuransi kesehatan. Anda bisa mendapatkan info tentang biaya, cakupan, batas usia, dan rincian lainnya melalui website resminya.

 

Sekilas tentang Asuransi Kesehatan di Indonesia

You May Also Like

About the Author: Kanalinformasi

Cuma berbagi informasi dan pengetahuan dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.