Tips Merawat Mobil agar Mesin Kendaraan Tetap Awet

Tips Merawat Mobil

Sebagai pemilik mobil, sangat penting untuk Anda mengetahui cara merawat mobil dengan tepat. Hal ini dilakukan untuk menjaga performa mobil tetap optimal dan berumur panjang, sehingga risiko mengalami kecelakan mobil akan berkurang.

Survei dari American Automobile Association (AAA) menyebutkan, penyebab kerusakan mobil umumnya berasal dari kurangnya perawatan mobil yang tepat dan secara berkala.

Tak hanya itu saja, hal lain yang tak kalah penting adalah melindungi kendaraan kesayangan dengan asuransi mobil. Salah satunya, asuransi terbaik dari AIA.

Seperti diketahui, ada dua jenis asuransi kendaraan yang bisa dipilih, yaitu asuransi Total Loss Only (TLO) dan asuransi mobil All Risk. Anda wajib mengetahui segala informasi terkait kedua jenis proteksi itu, termasuk yang ditanggung asuransi mobil All Risk.

Lalu, pertanyaannya kini, bagaimana cara merawat mobil dengan tepat? Simak tips berikut!

Cara Merawat Mobil dengan Tepat

Cara merawat mobil dengan benar sebenarnya tidaklah sulit. Tidak hanya laki-laki, namun wanita juga dapat melakukannya.

Berikut ini 5 perawatan sederhana yang perlu Anda lakukan agar mesin kendaraan tetap awet dan selalu dalam kondisi prima.

Rajin memanaskan mobil

Apabila mobil Anda jarang dipakai, sebaiknya panaskan mesinnya 3 kali dalam satu minggu atau minimal satu kali seminggu. Hal ini bertujuan supaya kualitas oli mobil tidak menurun.

Mesin mobil yang jarang dipakai dapat membuat olinya mengendap lama. Hal ini menjadikan komponen mesin yang seharusnya terlumasi saat mesin mobil dinyalakan malah tidak kena pelumasan.

Bahkan bisa membuat mesin jadi aus dan cepat mengalami kerusakan pada mesin mobil. Jika mobil mengalami kerusakan parah akibat kecelakaan atau lainnya manfaatkan asuransi kendaraan terbaik yang telah Anda pilih.

Rutin mencuci mobil

Jangan malas untuk mencuci mobil secara rutin. Sebab mobil yang jarang dicuci bisa memunculkan flek noda yang menempel jadi berkarat.

Gunakanlah shampo khusus untuk mencuci mobil Anda serta produk perawatan mobil lainnya.

Mencuci mobil dapat Anda lakukan setiap satu minggu sekali bahkan saat musim hujan. Mencuci mobil terlalu sering juga tidak baik.

Sebab, bodi mobil bisa menjadi lembab. Sehingga mudah terkena jamur. Hal ini dapat mudah merusak cat mobil Anda.

Menggunakan bahan bakar beroktan tinggi

Agar mesin mobil panjang umur, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan bahan bakar yang beroktan tinggi.

BBM dengan oktan tinggi selain ramah lingkungan juga dapat memperpanjang umur mesin.

Selain itu, dibandingkan BBM beroktan rendah, BBM oktan tinggi lebih mampu menempuh jarak yang jauh.

Rutin mengganti oli

Jangan lupa untuk rutin mengganti oli. Ada tiga jenis oli mobil yaitu oli gardan, oli mesin dan oli transmisi. Oli mesin merupakan oli yang perlu sering diganti.

Apabila mobil telah menempuh jarak 10.000 km, Anda perlu mengganti oli mesin atau setiap enam bulan sekali.

Untuk oli gardan bisa dilakukan ganti oli setiap menempuh 40.000 atau tiap dua tahun sekali. Sedangkan oli transmisi diganti setiap mobil telah menempuh jarak 80.000 km.

Mengecek aki dan ban

Apabila aki mobil bermasalah, dapat terlihat dari airnya yang berubah jadi keruh. Aki sendiri memiliki 2 tipe, yaitu aki basah dan aki kering.

Untuk perawatan aki basah bisa dilakukan dengan mengisi cairan elektrolitnya apabila berkurang. Sedangkan perawatan aki kering dilakukan dengan memanaskan mobil dengan rutin.

Masa pakai dari aki kering sendiri maksimal hanya satu tahun. Apabila suara starter mobil melemah, segera bawa ke bengkel untuk dilakukan pengecekan.

Selain aki, mengecek ban secara rutin juga penting untuk dilakukan. Pastikan tidak ada benda tajam seperti kerikil, paku atau lainnya yang menancap pada alur ban.

Karena hal tersebut dapat membuat bocor halus. Cek juga tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrik, sehingga berkendara jadi lebih nyaman.

Mengecek lampu mobil

Komponen lainnya yang tak kalah penting untuk selalu dicek yaitu lampu. Pastikan seluruh lampu mobil berfungsi dengan normal dan menyala.

Lampu depan dan belakang memiliki fungsi untuk membantu daya pandang Anda saat malam hari. Serta membuat pengguna lain dapat melihat mobil Anda. Dengan demikian dapat terhindar dari tabrakan.

Cek juga lampu rem tetap menyala agar terhindar dari tertabrak mobil dari belakang. Apabila lampu-lampu mobil mati, segeralah ganti untuk keamanan berkendara Anda.

Itulah 6 cara merawat mobil agar mesin tetap awet dan selalu dalam kondisi prima. Selain rutin merawat mobil, pilih juga asuransi terbaik untuk mobil Anda.

Hal ini untuk berjaga-jaga apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan. Dengan memilih jenis proteksi yang tepat, tentunya akan sangat membantu Anda melindungi mobil kesayangan!

 

Tips Merawat Mobil agar Mesin Kendaraan Tetap Awet

You May Also Like

About the Author: Kanalinformasi

Cuma berbagi informasi dan pengetahuan dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.