Kerajinan Kayu Salah Satu Seni Kriya

Kerajinan Kayu Salah Satu Seni Kriya Menguntungkan

Kanal Informasi. Hasil karya kerajinan kayu sudah sangat familiar didalam kehidupan kita. Coba perhatikan perabot rumah tangga, banyak berbahan kayu bukan?! Bukan itu saja! Pengrajin kayu di Indonesia termasuk laris mendapat pesanan dari luar negeri. Bahkan beberapa daerah di Indonesia terkenal sebagai sentra kerajinan kayu seperti Jepara, Jawa Tengah dan Ngawi, Jawa Timur. Bisa dikatakan kerajinan kayu salah satu seni kriya menguntungkan.

Pengertian Seni Kriya

Pengertian seni kriya adalah cabang seni yang menghasilkan suatu karya yang dibuat melalui ketrampilan tangan manusia atau hand skill dengan memperhatikan unsur fungsional dan nilai artistik atau keindahan seni itu sendiri.

Seni kriya juga dinilai sebagai seni terapan nusantara. Boleh dikatakan segala macam hasil ketrampilan yang bersifat fungsional dan artistik dapat digolongkan kedalam seni kriya. Bahkan, sekolah kejuruan dan Institut Seni membuka jurusan seni kriya ini.

Salah satu seni kriya dan dinilai sangat menguntungkan dari segi bisnis adalah kerajinan kayu. Bagaimana tidak menguntungkan?! Coba perhatikan perabot rumah tangga seperti kursi, meja, tempat tidur dan lemari. Atau coba datang ke pagelaran Inacraft setahun sekali! Disana mudah ditemui hasil-hasil kerajinan kayu berupa ukiran, hiasan dinding, miniatur pajangan dan lain sebagainya. Harganya pun bisa dibilang tidak murah dan seringkali diekspor ke luar negeri karena permintaan pasar.

Kerajinan Kayu

Menurut definisi seni kriya, maka kerajinan kayu juga diartikan sebagai proses pembuatan benda yang menggunakan segala jenis kayu dan melalui keahlian khusus atau ketrampilan yang dimiliki manusia. Kerajinan kayu sudah lama ada di Indonesia. Bahkan, sejak ratusan tahun lalu. Hal ini dapat dilihat dari sejumlah peninggalan kerajaan-kerajaan nusantara yang telah dimuseumkan.

Beruntungnya lagi, daerah-daerah di Indonesia seperti Jawa Tengah, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua merupakan pemasok kayu berkualitas. Jenis kayu yang dipakai untuk kerajinan biasanya adalah kayu jati, mahoni, dan pinus.

Menekuni kerajinan kayu dinilai akan memiliki prospek bisnis yang cerah. Dari sisi konsumen, tentu hasil karya kerajinan kayu cukup mahal untuk dibayarkan. Hal itu sebanding dengan proses pembuatannya yang membutuhkan ketrampilan khusus. Selain itu, sejumlah peralat pendukung seperti gergaji, pahatan dan sebagainya, juga perlu dikuasai.

Menurut salah seorang pengrajin kayu untuk mendapatkan hasil karya yang bernilai tinggi, maka ide kreatif harus dijalankan melalui tahapan berikut:

  1. Menentukan desain produk.
  2. Menggambar desain dan mencocokkan pada kayu.
  3. Menggergaji kayu sesuai ukuran desain.
  4. Memahat atau mengukir kayu sesuai bentuk yang didesain.
  5. Kayu yang sudah terbentuk, dihaluskan dan dikeringkan dengan cara dibakar.
  6. Diampelas kembali untuk menghilangkan permukaan yang gosong.
  7. Dicat dengan warna dasar.
  8. Mengecat kembali sesuai warna asli kayu tersebut.

Dari tahapan tersebut, terlihat sangat rumit bukan?! Tidak heran bila hasil karya kerajinan kayu dinilai sangat tinggi. Sebab, membutuhkan ketrampilan khusus dan ketekunan dalam pembuatannya.

Bagi kamu yang tertarik dengan aneka ketrampilan. Mungkin bisa mencoba mempelajari kerajinan kayu. Bahan bakunya pun sangat mudah diperoleh di Indonesia. Dari segi bisnis, kerajinan kayu Indonesia selalu mendapat tempat di pasar Internasional. Tidak perlu diragukan lagi bahwa kerajinan kayu salah satu seni kriya menguntungkan.

 

Kerajinan Kayu Salah Satu Seni Kriya

Kanal Informasi Indonesia

About the Author: KanalInfo

turut berbagi informasi menarik kepada masyarakat online dari sumber terpercaya

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *